Ruang
Lingkup Humas
PENGERTIAN HUMAS
Pengertian humas (hubungan
masyarakat) adalah usaha untuk membangun dan mempertahankan reputasi,
citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan
masyarakat. Kesuksesan atau kegagalan dari sebuah organisasi dapat dipengaruhi
oleh kegiatan humas atau Public Relations (PR). Keberadaan humas
sangat dibutuhkan dan penting untuk membangun dan menjaga adanya saling
pengertian antar organisasi dengan stakeholder dan masyarakat umum, dengan
tujuan menyangkut tiga hal yaitu reputasi, citra dan komunikasi mutual benefit
relationship.
Di era keterbukaan
informasi seperti saat ini, dimana masyarakat atau publik sudah semakin kritis
terhadap pemberitaan, maka peran humas sangat penting sebagai layanan
publik untuk memberikan informasi yang jelas dan sesuai fakta yang ada di
perusahaan, pemerintahan maupun organisasi lainnya, dengan cara yang baik dan
benar agar dapat diterima publik. Untuk berkomunikasi dengan publik, Humas
juga mendekatkan diri melalui media, baik melalui iklan, media sosial ataupun
dengan menyediakan informasi mengenai perkembangan organisasi terkini. Tidak
hanya itu, Humas perlu juga menyediakan layanan informasi berupa Contact Center
yang diperuntukkan bagi stakeholder ataupun masyarakat umum yang ingin
menyampaikan keluhan dan pertanyaannya di bidang layanan organisasi.
Humas berfungsi untuk
mengetahui dan mengevaluasi opini-opini publik yang berkaitan dengan
organisasi, serta memanfaatkan komunikasi sebagai media untuk memberikan
informasi yang sesuai dengan fakta, disampaikan dengan cara-cara yang baik dan
benar untuk mengarahkan opini publik ke arah yang diharapkan.
Tidak itu saja, HUMAS bisa berfungsi sebagai marketing yang
harus “jualan” apa yang dipunyai organisasi. Fungsi marketing sangat kental di
humas sebagai komunikasi massa. Produk-produk yang dimiliki disampaikan ke
masyarakat, melalui strategi komunikasi tujuannya supaya masyarakat tahu ada
produk yang dikerjakan sehingga masyarakat tahu kinerja organisasi tersebut.
Jadi upaya-upaya yang dilakukan humas ada dua, yaitu menjaring opini
publik dan marketing.
sudah ada gambaran
sedikit tentang HUMAS bukan? kita lanjut ke materi selanjutnya. Mengapa Ruang
Lingkup HUMAS di perlukan?
Humas dalam
pelaksanaannya memiliki ruang lingkup yang wajib diketahui oleh para praktisi
humas saat ini. Ruang lingkup humas diperlukan agar dalam menjalankan
kewajibannya sebagai humas, seorang humas menyadari kedudukannya serta apa saja
yang menjadi wewenangnya. Karena tidak semua hal menjadi wewenang humas. Tapi,
ada pihak lain juga yang terlibat. Jangan sampai ada pihak yang merasa
terlangkahi oleh langkah seorang humas dalam menjalaniruang lingkup humas.
selanjutnya saya masuk ke
pertanyaan Siapa saja yang termasuk dalam relasi Ruang Lingkup Humas? sebelumnya
saya akan beritahu bahwa Ruang Lingkup Humas meliputi hubungan publik internal
(internal public relations) dan hubungan publik eksternal(external public
relations).
Ruang Lingkup Humas –
Internal Public
Relations Ruang lingkup
humas internal adalah orang-orang yang merupakan bagian dari suatu instansi
atau perusahaan tertentu. Dalam hal ini, seorang humas menjadi PR untuk
orang-orang dalam instansi atau perusahaan tersebut, tentunya sesuai dengan
jabatan atau kedudukannya masing-masing. Hal ini disesuaikan dengan sifat,
jenis, atau karakteristik dari organisasi itu sendiri.
Ruang lingkup humas
internal meliputi:
1.
Employee
Relations(Hubungan dengan para pekerja) Para pekerja di sini merupakan bagian
yang berperan penting untuk mencapai tujuan perusahaan atau suatu instansi.
Oleh karena itu, mereka harus dirangkul dengan membuat dan mempertahankan
hubungan baik agar para pekerja juga dapat memberikan potensi terbaik mereka
untuk kemajuan perusahaan. Caranya dengan berkomunikasi dengan mereka secara
pribadi untuk mengetahui apa yang mereka inginkan atau bahkan yang mereka
keluhan dalam pekerjaannya yang dapat menghambat kemajuan perusahaan.Menjaga
hubungan baik ini dapat dilakukan dengan perlakuan yang adil, adanya ketenangan
dan kenyamanan dalam bekerja, adanya perasaan diakui oleh perusahaan, adanya
reward, ada pula sarana untukmenyalurkan perasaan mereka atau tempat tempat
mereka berekspresi seperti majalan intern, dan lain sebagainya.
2.
Stockholder Relations
(Hubungan dengan para pemegang saham) Ruang lingkup humas dalam hal ini
hubungan baik harus dibina dengan para pemegang saham. Mereka yang membantu
perusahaan atau suatu instansi tetap bertahan. Hubungan yang terjadi haruslah
hubungan yang sangat baik. Tidak peduli besar atau kecilnya sahammereka.Untuk menjaga hubungan dengan para
pemegang saham,kita bisa melakukan hal-hal sebagai berikut.
* Memberikan selamat
kepada para pemegang saham yang baru agar mereka merasa dianggap dan dihargai
oleh perusahaan atau instansi kita.
* Selalu memberikan
laporan perkembangan perusahan secara berkala agar mereka mendapatkan informasi
perkembangan sahamnya dengan baik.
* Mengirimkan majalah
perusahaan agar mereka mengetahui informasi-informasi terbaru dalam perusahaan
atau juga majalah ektern yang juga memberitakan tentang perkembangan perusahaan
atauinstansi.
* Mengadakan
pertemuan-petemuan agar tercipta hubungan yang harmonis, adanya saling
pengertian dan peningkatan kepercayaan para pemegah saham.
3.
Labour relations
(Hubungan dengan para buruh) Ruang lingkup humas dalam hal ini seorang PR
bertugas untuk menjaga hubungan baik antara pimpinan dengan para buruh.
Pelaksanaan ruang lingkup humas ini untuk menjaga terjadinya kesalahpahaman dan
hubungan yang buruk antara atasan dan bawahan.
4.
Manager
relations(Hubungan dengan para manajer)Manajer adalah orang-orang terpilih yang
berandil besar dalam menentukan kebijakan perusahaan. Oleh karena itu, hubungan
baik harus dijaga. Di sinilah ruang lingkup humas berperan. Caranya bisa dengan
memberikan tunjangan jabatan, adanyacoffe morning, mobil dinas, rumah dinas,
dan lain sebagainya.
5.Human relations
(Hubungan sesama manusia)Ruang lingkup humas ini menyangkut hubungan yang baik
yang harus dibina oleh perusahaan dengan seluruh wargaperusahaan sebagai
manusia agar timbul rasa persaudaraan, kesetiakawanan, dan nantinya akan
memunculkanteam workyang baik untuk mencapai tujuan instansi atau perusahaan.
Ruang Lingkup Humas –
External Public Relations
Ruang lingkup humas ini
mencakup tugas seorang humas dalam menjaga hubungan baik dengan pihak luar. Hal
ini untuk menciptakan nama baik yang sangat penting untukperusahaan atau
instansi. Bentuk-bentuk hubungannya yaitu sebagai berikut:
1.Press relations
Kegiatannya meliputipress
release, press conference, press interview, press room, press reception,dan
adanyapress tour.
2.Government relations
Ruang lingkup humas ini
adalah menjaga hubungan baik dengan pemerintah diperlukan karena akan banyak
sekali kepentingan-kepentingan yang di dalamnya terdapat peran pemerintah.
Salah satu caranya dengan mensponsori kegiatan-kegiatan pemerintahan
3.Community relations
Menjaga hubungan baik
dengan warga setempat agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Salah satu
caranya dengan memberikan beasiswa. Inilah ruang lingkup humas yang berhubungan
dengancommunity relations.
4.Customer relations
Menjaga hubungan baik
dengan para pelanggan karena mereka adalah aset terbesar yang menguntungkan
perusahan. Caranya dengan memberikan kalender,merchandise, dan sebagainya.
5.Consumer relations
Menjaga hubungan baik dengan
para konsumen agar apayang kita pasarkan dapat diterima baik oleh konsumen.
Caranya dengan memberikan info yan lengkap mengenai produk atau jasa yang
ditawarkan.
sudah banyak saya
jelaskan diatas tentang gambaran dan ruang lingkup HUMAS. Sekarang Bagaimana
HUMAS dapat bermanfaat ?
MANFAAT PUBLIC RELATIONS
Menurut Frank Jeffkins
dalam bukunya Public Relations, manfaat
khusus keberadaan Public Relations meliputi kegunaan PR dalam pengelolaan atau
pelaksanaan, antara lain :
1.
Manajemen krisis
Tidak ada satu pun
perusahaan yang bebas krisis. Minimal mereka mempunyai resiko mengalami krisis.
Maka tim PR yang ada di dalam struktur perusahaan bertugas untuk menyelesaikan
krisis yang terjadi dengan serangkaian persiapan dan kesiapan tersendiri.
2.
Penerbitan Desk-top
PR bertanggung jawab atas
jurnal internal komputer perusahaan. Oleh karena itu, biasanya perusahaan
memiliki bagian internal relations untuk mengurusi hal tersebut.
3.
Identitas perusahaan
Identitas perusahaan
merupakan sebuah wahana komunikasi bagi segenap karyawan perusahaan, para
pemilik saham, para agen atau dealer, konsumen, lembaga-lembaga keuangan dan
berbagai pihak lainnya yang punya kepentingan dan kaitan dengan organisasi. Tim
PR adalah bagian yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan memelihara
identitas sebuah perusahaan.
4.
Hubungan parlementer
PR wajib menjalin
hubungan parlementer yang baik. Hubungan parlementer dalam konteks ini adalah
hubungan-hubungan antara berbagai organisasi dengan pihak pemerintah, para
anggota parlemen, serta para birokrat dari berbagai departemen dan instansi
pemerintah. Legistator atau regulator adalah publik yang sangat penting dalam
keberlangsungan usaha suatu perusahaan.
5.
PR financial
Sebagai sebuah perusahaan
yang telah go public, maka perusahaan
memerlukan tim PR yang melakukan kegiatan-kegiatan PR di seputar peristiwa
keuangan atau bisnis dalam rangka mendukung rencana perusahaan kliennya untuk
memasuki bursa saham atau dalam rangka mendukung peluncuran laporan keuangan
tahunan.
TUJUAN PUBLIC RELATIONS
Tujuan Public Relations
secara umum ‘menciptakan dan memelihara saling pengertian, maksudnya adalah
untuk memastikan bahwa organisasi tersebut senantiasa dimengerti oleh pihak
lain yang berkepentingan.’ Dengan adanya kata ‘saling’ maka organisasi pun
harus dapat memahami publiknya.
Tujuan lain keberadaan PR
menurut Charles S. Steinberg adalah menciptakan opini
publik yang favourable tentang
kegiatan–kegiatan yang dilakukan oleh badan yang bersangkutan
(Abdurachman,2001:116).
Selain itu tujuan PR juga
untuk mengembangkan pengertian dan kemauan baik (goodwill) publiknya,
serta untuk memperoleh opini publik yang menguntungkan atau untuk menciptakan
kerjasama berdasarkan hubungan yang harmonis dengan publik (Soemirat dan
ardianto,2002:89).
sekarang para Pembaca
sudah memiliki gambaran umumnya tentang HUMAS. Terimakasih sudah menyempatkan
waktunya untuk membaca . Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar