Langsung ke konten utama

Pengertian, Fungsi, Kegunaan Ms. Publisher

Pengertian Microsoft publisher, Fungsi, Kegunaan serta kelebihan dan kekurangannya – Sobat sudah pernah dengar aplikasi ini ? Saya yakin sobat masih awam dengan aplikasi buatan microsoft ini. Ya, wajar saja jika sobat masih awam. Di sekolah pun masih sangat jarang yang mempergunakannya. Walaupun begitu, aplikasi ini juga memiliki berbagai manfaat yang patut untuk dicoba…


Mengenal Microsoft Publisher : Pengertian, Fungsi dan Kegunaan

Pengertian Microsoft Office Publisher
Microsoft Publisher adalah program aplikasi yang termasuk dalam bagian Microsoft Office Suite dari Perusahaan Microsoft yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Hah ? Desktop Publishing ? Apa itu ? Ya, desktop publishing intinya menghasilkan sesuatu untuk diterbitkan, seperti majalah, poster, brosur, katalog, kartu ucapan, koran, mading, kalender, dan lain-lain.
Sesuai dengan namanya “Publisher” yang berarti Penerbit. Jadi intinya aplikasi ini dipergunakan untuk membuat sesuatu yang akan diterbitkan bahkan untuk tujuan komersial.
Ada beragam versi dari Microsoft Publisher, diantaranya yaitu Microsoft Publisher 2007, Microsoft Publisher 2010, dan yang terbaru yaitu Microsoft Publisher 2013. Semuanya memiliki tampilan/desain yang berbeda, namun fungsi, tujuan dan kegunaannya tetap sama. Yaitu untuk menciptakan karya desktop publishing.

Kenapa harus memakai Microsoft Publisher ?
Walaupun kita bisa membuat koran atau majalah menggunakan Microsoft Word dan Powerpoint, namun hasilnya tetap akan beda jika kita menggunakan Microsoft Publisher. Mengapa ? Karena fitur dari Microsoft Publisher sangat cocok dan khusus untuk kegiatan desktop publishing. Jadi hasilnya akan lebih memuaskan.




tampilan microsoft publisher 2013
Microsoft Publisher menyediakan berbagai macam template yang siap digunakan. Jadi ketika kita ingin membuat suatu karya, kita hanya tinggal memilih template sesuai kebutuhan. Setelah itu kita mengeditnya sesuai keinginan dengan meggunakan fitur-fitur menarik yang ada di dalamnya.
Seandainya kita akan membuat sesuatu menggunakan Publisher, tentu hasilnya tidak akan mengecewakan dan lebih cepat untuk jadi. Misalnya saat membuat kartu nama. Kita tinggal memilih template, edit, simpan dan cetak. Jadi deh.
Atau juga membuat majalah dinding untuk tugas sekolah. Hasilnya akan jauh lebih menarik, bagus dan bermakna tentunya dengan pembuatan yang sangat mudah. Hal ini berbanding terbalik jika kita harus membuat mading secara manual. Harus menulis, harus menggambar, harus inilah, itulah yang tentu cukup merepotkan. Pilih mana, manual atau ms publisher ?
Fungsi dan Kegunaan Microsoft Publisher
Microsoft Publisher memiliki berbagai fungsi dan kegunaan, diantaranya yaitu :
  1. Untuk pembuatan banner.
  2. Untuk pembuatan sertifikat.
  3. Untuk pembuatan majalah.
  4. Untuk pembuatan kartu nama
  5. Untuk pembuatan kartu undangan.
  6. Untuk pembuatan kalender.
  7. Untuk pembuatan kartu ucapan.
  8. Untuk pembuatan brosur.
  9. Untuk pembuatan katalog.
  10. Untuk pembuatan poster.
  11. Untuk pembuatan koran.
  12. Dan untuk pembuatan desktop publishing lainnya.
Keunggulan Microsoft Publisher
Ms. Publisher memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan, diantaranya yaitu :
  1. Adanya banyak template yang siap digunakan.
  2. Mudah digunakan dalam pembuatan karya desktop publishing, bahkan untuk pemula sekalipun.
  3. Hasil jadi dapat dicetak dan disimpan ke berbagai format.
  4. Hasil jadi dapat dikirim melalui e-mail.
  5. Hasil jadi dapat diconvert dengan mudah menjadi bentuk HTML.
  6. Hasil jadi dapat langsung disimpan secara online, sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
  7. Banyaknya fitur yang mendukung pembuatan desktop publishing sehingga hasilnya lebih bagus dan menarik.
Kekurangan Microsoft Publisher
  • Merupakan program berbayar, artinya tidak gratis

Sejarah Microsoft Office Publisher
Sejarah Microsoft publisher berawal dari tahun 1991. Jika dibandingkan dengan keluarga Microsoft office lainnya, Microsoft publisher yang temuda. Kala itu Microsoft publisher masih memiliki banyak kekurangan. Keterbatasan itu menyebabkan dekstop publishing Microsoft ini sedikit tertinggal dibanding kompetitornya.Dengan kondisi seperti itu, Microsoft tentu tidak berdiam diri mereka pun segera memperbaiki publisher. Hasilnya, Microsoft publisher memiliki segudang kemampuan yang tak ada digenerasi sebelumnya. Bahkan Microsoft  publisher 2007 telah mampu untuk menghasilkan output file PDF berkualitas dengan kemampuan embedded font (Anonimd, 2011).
Kelebihan utama Microsoft publisher yaitu pengoprasiannya yang sangat mudah dan harganya yang relatif murah. Kelebihan inilah yang membuat bisnis-bisnis kelas menegah bawah mau melirik Microsoft publisher. Mereka yang tidak memiliki tenaga ahli dalam desain dapat memanfaatkan Microsoft publisher untuk menciptakan materi pemasaran seperti iklan, brosur, kartu nama, spanduk, sertifikat, amplop, kartu pos, katalog, kop surat, hingga kartu ucapan hanya dengan beberapa klik saja (Anonimd, 2011).
Berdasarkan Anonim(2012), berikut nama-nama template-template Microsoft publisher
1.    Advertisement
2.    Award Certificate
3.    Banners
4.    Brochures
5.    Bussinesss Cards
6.    Business Forms
7.    Calendars
8.    Catalogs
9.    E-mail
10.  Envelopes
11.  Flyers
12.  Gift Certificate
13.  Greeting Cards
14.  Import Words Documents
15.  Invitation Cards
16.  Label
17.  Letterhead
18.  Menus
19.  Newslatters
20.  Paper Folding Project
21.  Postcards
22.  Program
23.  Quick Publications
24.  Resumes
25.  Signs
26.  Web sites
27.  With Compliment Cards

Sumber :
https://retnokurniablog.wordpress.com/2016/04/09/materi-microsoft-office-publisher/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelayana Prima

Pengertian Pelayanan Prima / Excellent Service 1.     Anda perlu mempelajari konsep pelayanan prima. Konsep ini sangat penting terlebih  jika Anda adalah orang yang berhadapan dengan customer secara langsung atau disebut sebagai  frontliner  seperti kasir,  waiters ,  customer service , dan sebagainya. Keuntungan yang dapat diperoleh dari penerapan pelayanan prima ( excellent service ) antara lain: ·          Keputusan pihak pelanggan untuk segera membeli produk yang kita tawarkan pada saat itu juga. ·          Menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap barang / produk produsen yang bersangkutan. ·          Mempertahankan pelanggan agar tetap loyal menggunakan produk produsen yang bersangkutan ·          Dapat menghindarkan terjadinya tuntutan-tuntutan terhadap penjual yang ...

Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif, Pengertian Tujuan Fungsi ( 3.6 ) Pengertian Komunikasi Efektif Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi. Pengertian Komunikasi Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal. Faktor yang mempengaruhi komunikasi diantaranya : Ø Latar belakang budaya Interpretasi suatu pesan akan terbentuk dari pola pikir seseorang melalui kebiasaannya, sehingga semakin sama latar belakang budaya antara komunikator den...