Langsung ke konten utama

Cara membuat company profile dan isi materinya


Cara membuat company profile dan isi materinya
 Bagi perusahaan pasti membutuhkan company profile (comprof). Comprof tersebut digunakan untuk media promosi, syarat pengajuan pinjaman, syarat tergabung dalam sebuah komunitas, dan sebagainya.
Company profile dapat berupa cetak yaitu brosur, buku / booklet. Selain cetak juga dapat berupa digital yaitu website, Aplikasi CD/DVD, dan PDF. Comprof yang paling sering dibuat dan digunakan adalah bentuk cetak (buku / booklet). Nah bagaimana cara membuat company profile yang baik dan benar ? Apa saja isi dari company profile? saya telah berpengalaman dalam membuat company profile, akan saya jelaskan apa saja isi comprof yang benar.

contoh company profile cetak buku/booklet
Cara membuat company profile perusahaan
Apapun bentuk company profile, anda harus merancang materi / bahan, kata-kata, dan informasi tentang perusahaan. Company profile berisi tentang dibawah ini :
1) Cover depan (wajib)
Berisi Judul / nama perusahaan.
2) Kata pengantar (optional)
3) About us / tentang kami / sejarah singkat (wajib)
Berisi tentang perusahaan anda. Bagaimana sejarah perusahaan anda berdiri, Perusahaan anda bergerak dibidang apa, dll silahkan anda meramu kata-kata yang tepat.
4) Visi Misi (optional tapi penting)
Hampir semua company profile pasti ada visi misi perusahaan. Hal ini agar pembaca tau target visi dan misi perusahaan anda. Cara membuat visi misi silahkan cari digoogle, saya tidak perlu menjelaskan.
5) Produk / jasa perusahaan (wajib)
Bagian ini yang terpenting. Menjelaskan apa sih yang perusahaan anda tawarkan? menjual produk apa saja? menjual jasa apa saja? Hal ini wajib ditulis di company profile anda.
6) Kelebihan / why choose Us (Optional tapi penting)
Company profile yang baik mampu membuat yakin dan tertarik para pembaca. Maka halaman yang berisi tentang kelebihan perusahaan anda sangat penting.
7) Pengalaman perusahaan (optional)
Sama seperti nomor 6 diatas, membuat pembaca lebih tertarik dengan perusahaan anda.
8) Gallery foto (optional)
Tidak wajib, tapi pembaca dapat mengetahui foto kegiatan yang dilakukan perusahaan anda.
9) Daftar klien (optional tapi penting)
Tidak penting tapi fungsinya besar sekali. Halaman klien berguna untuk menarik perhatian pembaca / calon klien. Jika perusahaan anda banyak klien pasti calon klien baru lebih percaya akan reputasi anda. Halaman client di company profile bisa berupa daftar nama klien/ nama perusahaan klien / logo perusahaan klien saja.
10) Cover belakang & kontak informasi (wajib)
Cover belakang wajib dipasang informasi kontak alamat, no telepon, fax, email, dll.
11) Lainya (optional)
Halaman lainya yang ada disebuah company profile yaitu : Struktur organisasi, perlengkapan / peralatan perusahaan, Legalitas / scan dokumen, dll

Contoh desain company profile perusahaan yang bagus
Ciri company profile yang baik dan bagus
Setelah mengetahui cara membuat company profile dan isinya, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana company profile yang bagus itu?
  1. Desain company profile menarik, tidak over/lebay, elegant dan terlihat profesional. Desain Company profile dibuat menggunakan software corel draw. Jika tidak bisa membuatnya anda bisa mencari jasa pembuatan desain company profile digoogle.
  2. Company profile harus mudah dibaca, singkat dan jelas. Perhatikan desain company profile, warna font dan background harus selaras mudah dibaca.
  3. Bahan cetak company profile semakin bagus makin terlihat profesional, namun perhatikan juga budget anda.
  4. Company profile harus berisi informasi penting tentang perusahaan anda. Seperti yang saya jelaskan diatas, Minimal mencakup point-point wajib. Lebih bagus lagi ditambah point-point optional.
  5. Terdapat gambar ilustrasi sebagai pelengkap materi.
  6. Company profile bentuk buku, usahakan halaman kelipatan 4. Agar bisa dicetak menjadi sebuah buku.












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Fungsi, Kegunaan Ms. Publisher

Pengertian Microsoft publisher, Fungsi, Kegunaan serta kelebihan dan kekurangannya –  Sobat sudah pernah dengar aplikasi ini ? Saya yakin sobat masih awam dengan aplikasi buatan microsoft ini. Ya, wajar saja jika sobat masih awam. Di sekolah pun masih sangat jarang yang mempergunakannya. Walaupun begitu, aplikasi ini juga memiliki berbagai manfaat yang patut untuk dicoba… Mengenal Microsoft Publisher : Pengertian, Fungsi dan Kegunaan Pengertian Microsoft Office Publisher Microsoft Publisher adalah program aplikasi yang termasuk dalam bagian Microsoft Office Suite dari Perusahaan Microsoft yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Hah ? Desktop Publishing ? Apa itu ? Ya, desktop publishing intinya menghasilkan sesuatu untuk diterbitkan, seperti majalah, poster, brosur, katalog, kartu ucapan, koran, mading, kalender, dan lain-lain. Sesuai dengan namanya “Publisher” yang berarti Penerbit. Jadi intinya aplikasi ini dipergunakan untuk mem...

Pelayana Prima

Pengertian Pelayanan Prima / Excellent Service 1.     Anda perlu mempelajari konsep pelayanan prima. Konsep ini sangat penting terlebih  jika Anda adalah orang yang berhadapan dengan customer secara langsung atau disebut sebagai  frontliner  seperti kasir,  waiters ,  customer service , dan sebagainya. Keuntungan yang dapat diperoleh dari penerapan pelayanan prima ( excellent service ) antara lain: ·          Keputusan pihak pelanggan untuk segera membeli produk yang kita tawarkan pada saat itu juga. ·          Menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap barang / produk produsen yang bersangkutan. ·          Mempertahankan pelanggan agar tetap loyal menggunakan produk produsen yang bersangkutan ·          Dapat menghindarkan terjadinya tuntutan-tuntutan terhadap penjual yang ...

Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif, Pengertian Tujuan Fungsi ( 3.6 ) Pengertian Komunikasi Efektif Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi. Pengertian Komunikasi Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal. Faktor yang mempengaruhi komunikasi diantaranya : Ø Latar belakang budaya Interpretasi suatu pesan akan terbentuk dari pola pikir seseorang melalui kebiasaannya, sehingga semakin sama latar belakang budaya antara komunikator den...