Cara membuat company profile dan isi materinya
Bagi
perusahaan pasti membutuhkan company profile (comprof). Comprof tersebut
digunakan untuk media promosi, syarat pengajuan pinjaman, syarat tergabung
dalam sebuah komunitas, dan sebagainya.
Company profile dapat berupa cetak yaitu brosur, buku /
booklet. Selain cetak juga dapat berupa digital yaitu website, Aplikasi CD/DVD,
dan PDF. Comprof yang paling sering dibuat dan digunakan adalah bentuk cetak
(buku / booklet). Nah bagaimana cara membuat company profile yang baik dan
benar ? Apa saja isi dari company profile? saya telah berpengalaman dalam
membuat company profile, akan saya jelaskan apa saja isi comprof yang benar.
contoh company profile cetak buku/booklet
Cara membuat company profile perusahaan
Apapun bentuk company profile, anda harus merancang materi /
bahan, kata-kata, dan informasi tentang perusahaan. Company profile berisi
tentang dibawah ini :
1) Cover depan (wajib)
Berisi Judul / nama perusahaan.
Berisi Judul / nama perusahaan.
2) Kata pengantar (optional)
3) About us / tentang kami / sejarah
singkat (wajib)
Berisi tentang perusahaan anda. Bagaimana sejarah perusahaan anda berdiri, Perusahaan anda bergerak dibidang apa, dll silahkan anda meramu kata-kata yang tepat.
Berisi tentang perusahaan anda. Bagaimana sejarah perusahaan anda berdiri, Perusahaan anda bergerak dibidang apa, dll silahkan anda meramu kata-kata yang tepat.
4) Visi Misi (optional tapi penting)
Hampir semua company profile pasti ada visi misi perusahaan. Hal ini agar pembaca tau target visi dan misi perusahaan anda. Cara membuat visi misi silahkan cari digoogle, saya tidak perlu menjelaskan.
Hampir semua company profile pasti ada visi misi perusahaan. Hal ini agar pembaca tau target visi dan misi perusahaan anda. Cara membuat visi misi silahkan cari digoogle, saya tidak perlu menjelaskan.
5) Produk / jasa perusahaan (wajib)
Bagian ini yang terpenting. Menjelaskan apa sih yang perusahaan anda tawarkan? menjual produk apa saja? menjual jasa apa saja? Hal ini wajib ditulis di company profile anda.
Bagian ini yang terpenting. Menjelaskan apa sih yang perusahaan anda tawarkan? menjual produk apa saja? menjual jasa apa saja? Hal ini wajib ditulis di company profile anda.
6) Kelebihan / why choose Us (Optional tapi penting)
Company profile yang baik mampu membuat yakin dan tertarik para pembaca. Maka halaman yang berisi tentang kelebihan perusahaan anda sangat penting.
Company profile yang baik mampu membuat yakin dan tertarik para pembaca. Maka halaman yang berisi tentang kelebihan perusahaan anda sangat penting.
7) Pengalaman perusahaan (optional)
Sama seperti nomor 6 diatas, membuat pembaca lebih tertarik dengan perusahaan anda.
Sama seperti nomor 6 diatas, membuat pembaca lebih tertarik dengan perusahaan anda.
8) Gallery foto (optional)
Tidak wajib, tapi pembaca dapat mengetahui foto kegiatan yang dilakukan perusahaan anda.
Tidak wajib, tapi pembaca dapat mengetahui foto kegiatan yang dilakukan perusahaan anda.
9) Daftar klien (optional tapi penting)
Tidak penting tapi fungsinya besar sekali. Halaman klien berguna untuk menarik perhatian pembaca / calon klien. Jika perusahaan anda banyak klien pasti calon klien baru lebih percaya akan reputasi anda. Halaman client di company profile bisa berupa daftar nama klien/ nama perusahaan klien / logo perusahaan klien saja.
Tidak penting tapi fungsinya besar sekali. Halaman klien berguna untuk menarik perhatian pembaca / calon klien. Jika perusahaan anda banyak klien pasti calon klien baru lebih percaya akan reputasi anda. Halaman client di company profile bisa berupa daftar nama klien/ nama perusahaan klien / logo perusahaan klien saja.
10) Cover belakang & kontak informasi (wajib)
Cover belakang wajib dipasang informasi kontak alamat, no telepon, fax, email, dll.
Cover belakang wajib dipasang informasi kontak alamat, no telepon, fax, email, dll.
11) Lainya (optional)
Halaman lainya yang ada disebuah company profile yaitu : Struktur organisasi, perlengkapan / peralatan perusahaan, Legalitas / scan dokumen, dll
Halaman lainya yang ada disebuah company profile yaitu : Struktur organisasi, perlengkapan / peralatan perusahaan, Legalitas / scan dokumen, dll
Contoh desain company profile perusahaan yang bagus
Ciri company profile yang baik dan bagus
Setelah mengetahui cara membuat company profile dan isinya,
sekarang saya akan menjelaskan bagaimana company profile yang bagus itu?
- Desain
company profile menarik, tidak over/lebay, elegant dan terlihat
profesional. Desain Company profile dibuat menggunakan software corel draw.
Jika tidak bisa membuatnya anda bisa mencari jasa pembuatan desain company
profile digoogle.
- Company
profile harus mudah dibaca, singkat dan jelas. Perhatikan desain company
profile, warna font dan background harus selaras mudah dibaca.
- Bahan
cetak company profile semakin bagus makin terlihat profesional, namun
perhatikan juga budget anda.
- Company
profile harus berisi informasi penting tentang perusahaan anda. Seperti
yang saya jelaskan diatas, Minimal mencakup point-point wajib. Lebih bagus
lagi ditambah point-point optional.
- Terdapat
gambar ilustrasi sebagai pelengkap materi.
- Company
profile bentuk buku, usahakan halaman kelipatan 4. Agar bisa dicetak
menjadi sebuah buku.
Komentar
Posting Komentar