Langsung ke konten utama

MAILMERGE

MAILMERGE

1         APA ITU MAILMERGE ?


v  Mail merge atau surat masal adalah salah satu fasilitas di Ms Word untuk mempermudah user melakukan pekerjaan dengan hanya membuat satu format surat namun dengan berbagai tujuan alamat dan nama yang berbeda.

v  Mail Merge adalah kemampuan komputer untuk mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber surat.Secara Teknis, dibutuhkan dua buah file untuk mengolahnya, yang pertama adalah isi surat sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut di kirimkan .


Ada 2 dokumen yang digunakan dalam membuat mail merge, yaitu:
  • Dokumen Master, dokumen utama yang isinya sama untuk semua penerima.
  • Data Source, yaitu dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat penerima.
    Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya.
v  Fungsi mail merge

1)      untuk membuat surat undangan dan amplop namun bisa juga untuk membuat dokumen lain seperti laporan keuangan yang bentuknya sama tiap bulan, hanya saja jumlah uang yang dilaporkan berbeda
2)      mengirim 1 pesan ke banyak email
3)      Mail Merge gunanya untuk mengirimkan email ke banyak alamat yang berbeda. Jadi tidak perlu menulis ulang alamat email untuk dikirimkan ke penerima yang berbeda, cukup sekali lalu dikirim ke alamat yang berbeda-beda




2         FUNGSI ICON PADA TAB MAILINGS


1.       Group Create
      
  1. Enfelopes, adalan untuk membuat dan mencetak sampul pada amplop.
  2. Labels, adalah untuk menuliskan alamat dan nama.

2.       Group Start mail merge
       
  1. Start Mail Marge, adalah untuk membuat surat.
  2. Select Resipiets, adalah untuk memilih penerima surat.
  3. Edit Resipiet List, adalah untuk mengatur penerima surat.


3Group Write&insert fields

  1. Hailight Marge Fields aalah untuk menyisipkan sebuah dokument.
  2. Address Block, adalah untuk memilih surat.
  3. Greeting Line, adalah untuk menambah baris ucapan.
  4. Insret Marge Field, adalah untuk menyisipkan dan menggabungkan surat.
  5. Rules, adalah untuk memberikan karis bawah pada surat.
  6. Match Filds adalah untuk membandingkan surat.
  7. Update Labels, adalah untuk memperbarui lebel surat.

4.      Group Preview resuts
    
  1. Preview Resuts, adalah untuk melihat hasil.
  2. Find Resifient, adalah untuk mencari penerima.
  3. Auto Check for Error, adalah untuk memeriksa kesalahan secara otomatis.
5. Group Finish

1.       Finish&merge, adalah untuk mengetahui bahwa surat yang ada buat sudah lengkap dan bisa langsung dicetak secara otomatis.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Fungsi, Kegunaan Ms. Publisher

Pengertian Microsoft publisher, Fungsi, Kegunaan serta kelebihan dan kekurangannya –  Sobat sudah pernah dengar aplikasi ini ? Saya yakin sobat masih awam dengan aplikasi buatan microsoft ini. Ya, wajar saja jika sobat masih awam. Di sekolah pun masih sangat jarang yang mempergunakannya. Walaupun begitu, aplikasi ini juga memiliki berbagai manfaat yang patut untuk dicoba… Mengenal Microsoft Publisher : Pengertian, Fungsi dan Kegunaan Pengertian Microsoft Office Publisher Microsoft Publisher adalah program aplikasi yang termasuk dalam bagian Microsoft Office Suite dari Perusahaan Microsoft yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Hah ? Desktop Publishing ? Apa itu ? Ya, desktop publishing intinya menghasilkan sesuatu untuk diterbitkan, seperti majalah, poster, brosur, katalog, kartu ucapan, koran, mading, kalender, dan lain-lain. Sesuai dengan namanya “Publisher” yang berarti Penerbit. Jadi intinya aplikasi ini dipergunakan untuk mem...

Pelayana Prima

Pengertian Pelayanan Prima / Excellent Service 1.     Anda perlu mempelajari konsep pelayanan prima. Konsep ini sangat penting terlebih  jika Anda adalah orang yang berhadapan dengan customer secara langsung atau disebut sebagai  frontliner  seperti kasir,  waiters ,  customer service , dan sebagainya. Keuntungan yang dapat diperoleh dari penerapan pelayanan prima ( excellent service ) antara lain: ·          Keputusan pihak pelanggan untuk segera membeli produk yang kita tawarkan pada saat itu juga. ·          Menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap barang / produk produsen yang bersangkutan. ·          Mempertahankan pelanggan agar tetap loyal menggunakan produk produsen yang bersangkutan ·          Dapat menghindarkan terjadinya tuntutan-tuntutan terhadap penjual yang ...

Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif, Pengertian Tujuan Fungsi ( 3.6 ) Pengertian Komunikasi Efektif Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi. Pengertian Komunikasi Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal. Faktor yang mempengaruhi komunikasi diantaranya : Ø Latar belakang budaya Interpretasi suatu pesan akan terbentuk dari pola pikir seseorang melalui kebiasaannya, sehingga semakin sama latar belakang budaya antara komunikator den...