MAILMERGE
1
APA ITU MAILMERGE
?
v
Mail merge atau surat masal adalah salah satu
fasilitas di Ms Word untuk mempermudah user melakukan pekerjaan dengan hanya
membuat satu format surat namun dengan berbagai tujuan alamat dan nama yang
berbeda.
v
Mail Merge adalah kemampuan komputer untuk
mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber surat.Secara
Teknis, dibutuhkan dua buah file untuk mengolahnya, yang pertama adalah isi
surat sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut di kirimkan .
Ada 2 dokumen
yang digunakan dalam membuat mail merge, yaitu:
- Dokumen Master, dokumen utama yang isinya sama
untuk semua penerima.
- Data Source, yaitu dokumen yang isinya khusus
untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat penerima.
Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya.
v
Fungsi mail merge
1)
untuk
membuat surat undangan dan amplop namun bisa juga untuk membuat dokumen lain
seperti laporan keuangan yang bentuknya sama tiap bulan, hanya saja jumlah uang
yang dilaporkan berbeda
2)
mengirim
1 pesan ke banyak email
3)
Mail
Merge gunanya untuk mengirimkan email ke banyak alamat yang berbeda. Jadi tidak
perlu menulis ulang alamat email untuk dikirimkan ke penerima yang berbeda,
cukup sekali lalu dikirim ke alamat yang berbeda-beda
2
FUNGSI ICON PADA TAB MAILINGS
1. Group
Create
- Enfelopes,
adalan untuk membuat dan mencetak sampul pada amplop.
- Labels,
adalah untuk menuliskan alamat dan nama.
2. Group
Start mail merge
- Start
Mail Marge, adalah untuk membuat surat.
- Select
Resipiets, adalah untuk memilih penerima surat.
- Edit
Resipiet List, adalah untuk mengatur penerima surat.
3. Group Write&insert fields
- Hailight
Marge Fields aalah untuk menyisipkan sebuah dokument.
- Address
Block, adalah untuk memilih surat.
- Greeting
Line, adalah untuk menambah baris ucapan.
- Insret
Marge Field, adalah untuk menyisipkan dan menggabungkan surat.
- Rules,
adalah untuk memberikan karis bawah pada surat.
- Match
Filds adalah untuk membandingkan surat.
- Update
Labels, adalah untuk memperbarui lebel surat.
4. Group Preview resuts
- Preview
Resuts, adalah untuk melihat hasil.
- Find
Resifient, adalah untuk mencari penerima.
- Auto Check for Error, adalah untuk memeriksa kesalahan secara otomatis.
5. Group
Finish
1.
Finish&merge, adalah untuk mengetahui bahwa
surat yang ada buat sudah lengkap dan bisa langsung dicetak secara otomatis.
Komentar
Posting Komentar